Eyang Suro

Eyang Suro
Muhamad Masdan lahir pada 1869 di daerah Gresik (Jawa Timur). Kelak kemudian putra tertua Ki Ngabehi Soeromihardjo ini dikenal dengan dengan nama Ki Ageng Hadji Ngabehi Soerodiwirdjo (Eyang Suro).

Minggu, 26 Agustus 2012

JURUS KE 29

Jurus ke – 29 sengaja tidak di-ajarkan kepada saudara-saudara SH karena Ki Ng. Soerodiwiryo waktu mendapatkan ‘jurus 29’ ini oleh gurunya diharuskan bersumpah lagi lebih berat , hingga beliau tidak mau dianggap tidak bertanggung jawab akan sumpahnya .
Jurus Sterlak hanya akan diberikan Almarhum kalau ada kekacauan yang sangat berat yang akan mengancam secara langsung keslamatan masyarakat dimana Saudara SH itu berada dan berdiam , dengan inti sari sumpahnya : ‘Pantang mundur dua langkah , mundur satu langkah masih diperbolehkan , tetapi kalau mundur dua langkah akan mati kapir’ . Jadi dengan menerima Jurus ‘Sterlak’ ke-29 , segala sesuatu masalah atau peristiwa yang terjadi harus dibela sampai tuntas , jikalau diperlukan nyawa dijadikan taruhannya dengan harus dibela sampai mati .

Fakta sejarah didalam persaudaraan SH yang pernah diberi jurus ‘Sterlak’ oleh almarhum hanyalah adik beliau yang bernama Sdr. Noto Gunari Almarhum yang waktu itu menjadi ‘wijkhoofd’ dikota Surabaya , oleh karena pada waktu itu daerah Pak Noto amat rusuh maka diberikan ‘Sterlak’ kepadanya , dimana konskwensinya amat berat lebih berat dari ajaran 2e Trap, karena dalam segala hal tingkah laku kita , dalam tindak tanduk kita sehari-hari , kita tidak diperkenankan mengingkari kenyataan dan apapun yang sudah diniatkan harus di jalankan berdasarkan garis niat tadi . Mundur satu langkah masih di ijinkan tetapi mundur dua langkah akan mati kapiran , maju terus dan terus maju .

11 komentar:

  1. alhmdllh... bertambah ilmu pengetahuan saya mengenai jurus
    mohon terus di tambah Luuur arti dan makna gerakan dalam senam dan jurus agar kita smua bisa menghayati dan jadi anggota sh yg sesungguhnya...

    Salam Persaudaraan dari Lampung Tengah

    BalasHapus
  2. Kepada PERSAUDARAAN SETIA HATI..saya sudah baca Link Blogspot yang kamu kutip di komentar ini..namun isinya itu sangat di sayangkan, Postingan di Blog tersebut terlalu menjelek"an, Seakan" selain SH PANTI SH yang lain itu Jelek / Buruk walaupun itu kenyataannya..Namun Buat apa ?

    BalasHapus
  3. Mas Bambang Dwipayana
    Bukan hanya blog yang njenengan sampekan saja yang kurang tepat validitas datanya,namun blog ini (http://komunitassetiahati-ksh.blogspot.com)juga merupakan blog yang bersifat provokasi/memperkeruh keadaan. saya bilang seperti ini karena data di (http://komunitassetiahati-ksh.blogspot.com)juga tidak bisa ditunjukkan kebenarannya,seperti halnya istilah STK,tidak ada STK(Sekar Tepus Kaki) didalam SH Winongo Tunas Muda Seperti yang disebutkan dalam blog ini.
    Mohon maaf,setelah kami pelajari dan perdalam isinya,blog ini (http://komunitassetiahati-ksh.blogspot.com) adalah blog yang berusaha memojokkan/menjatuhkan nama PSHW Tunas Muda dan mengagungkan nama PSHT
    kami hanya berharap semua pembaca bersifat "NETRAL".. Karena data data yang ditulis dalam blog ini jauh dari kebenaran dan berusaha memprovokasi.Demikian
    Salam persaudaraan by Keluarga Besar SH Winongo Tunas Muda

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. oalah mas mas,,,SETIA HATI YOW SIJI...seng duwe karepan rukun,sejahtera damai aman santosa.,,penteng mas mas'e kabeh jo melu" seng ra genah.,BERUSAHA MENDAMAIKAN DAN TIDAK SALING MENJATUHKAN.


    SEJATINE PENDEKAR iku WONG SENG RA DUWE MUSUH.

    BalasHapus
  6. gampang banget ya skrg mmpelajari ilmu SH gk sprti dulu hrs belajar mati2an dulu baru mngerti

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. maaf mas, yang dimaksud kapir itu bagaimana?
    kafir... taw gimana?
    trus kalo di kafirkan dengan dasar taw alasan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapiran = gak keduman = gak kebagian makanya maju biar dpt jatah :P

      Hapus