Eyang Suro

Eyang Suro
Muhamad Masdan lahir pada 1869 di daerah Gresik (Jawa Timur). Kelak kemudian putra tertua Ki Ngabehi Soeromihardjo ini dikenal dengan dengan nama Ki Ageng Hadji Ngabehi Soerodiwirdjo (Eyang Suro).

Senin, 09 Januari 2012

Tanpa Seragam Hitam, Tak Punya Ambisi Politis

KOTA MADIUN – Setia Hati (SH) yang asli tidak berseragam hitam-hitam layaknya SH-SH lain yang dikenal khalayak luas. SH juga tidak pernah menggelar kekuatan massa tiap Bulan Suro. Karena itulah, SH yang sekarang dikenal sebagai SH Panti ini terkesan lebih ramah.

”SH sejati tidak pernah punya seragam. Kalau mau ada pertemuan atau acara apapun, pakaian orang SH ya bebas rapi, misalnya mengenakan setelan kemeja batik dan celana kain,” kata Koes Soebakir, Pengesuh SH Panti.

Karena kesan ramah itu pula, kata Koes, setiap kali SH Panti menggelar acara untuk memperingati bulan Suro –yang biasa disebut Suran—di panti, Jl Gajah Mada 41, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, malah banyak warga di luar SH yang ingin datang. Sementara ketika SH yang lain menggelar acara Suran, yang identik dengan konvoi seragam hitam-hitam, masyarakat malah menghindari.

”Kalau SH Panti yang mengadakan acara Suran, polisi malah senang. Karena acara di panti selalu berjalan aman dan tidak melibatkan konvoi massa,” ujar Koes.

SH tidak pernah berambisi untuk merekrut massa dalam jumlah yang banyak. Dan memang, warga SH Panti itu tidak banyak. Pasalnya, sekali rekrut, SH punya kebijakan maksimal hanya menerima dua orang. Perekrutan pun hanya dilakukan maksimal dua kali setahun.

Dibandingkan jumlah massa SH Terate atau SH Tunas Muda, massa SH Panti jelas tak ada apa-apanya. Karena dua SH itu merekrut massa dalam jumlah besar sewaktu-waktu. “Tujuan SH memang bukan untuk menggalang massa,” Koes menegaskan.

SH juga tidak pernah punya ambisi untuk mendongkrak simpatisan atau berekspansi merekrut warga sebanyak-banyaknya. SH tidak punya kepentingan politik praksis. SH akan tetap menjadi SH, yang menghantarkan warganya menuju keselamatan. ”SH hanya ingin selamat dan terhindar dari perbuatan tercela,” pungkas Koes.(tofikpram)

KETERANGAN FOTO
ADEM AYEM: Jajaran pengurus organisasi SH Panti.

7 komentar:

  1. salam,,,,
    mohon maaf,,,
    saya mau bertanya,,,bisakah sh panti memberi kesempatan sama saya untuk bergabung,,,?karena saya sangat tertarik dengan sh panti dengan identitasnya sangat bagus itu,,karena saya yakin sh panti bisa membantu saya untuk membawa diri mengarungi samudra hidup ini.terima kasih banya...
    kalo bisa terima saya,,mohon informasikan ke saya...sekali lagi terima kasih banyak
    salam...

    BalasHapus
  2. bkany sh winongo dan sh panti itu sama. yg bda jma trate ..

    BalasHapus
  3. Maaf mas.. gimana syaratnya bs bergabung ke sh panti.. saya sangat tertarik dengan ajaran untuk menuju keselamatan. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Kok saya tertarik sama SH panti ya

    BalasHapus
  5. Apabila diperkenankan sudilah kiranya saya diijinkan menimba ilmu di sh panti

    BalasHapus
  6. Nama : Wawan Kuntoro ingin menimba ilmu SH yg d ajarkan eyang suro, St dari warga PSHT.

    BalasHapus