Eyang Suro

Eyang Suro
Muhamad Masdan lahir pada 1869 di daerah Gresik (Jawa Timur). Kelak kemudian putra tertua Ki Ngabehi Soeromihardjo ini dikenal dengan dengan nama Ki Ageng Hadji Ngabehi Soerodiwirdjo (Eyang Suro).

Minggu, 09 Oktober 2011

Persatuan Seni Silat Setia Hati (ESHA) Singapura 1939

SILSILAH PERGURUAN ESHA.

Nama Seni silat ESHA ini adalahdari singkatan Nama Asalnya SETIA HATI (SH) di tanah jawa logat bahasa mereka menyebuthuruf S = ES, H= HA. maka dengan hal demikian perguruan ini di namakan ESHA.

ESHA berasal dari Tanah Jawadi pelopori oleh Ki Ngabehi Suro Diwiryoatau lebih di kenal dengan nama Eyang SURO. beliau di lahirkan di Ngimbang pada tahun 1876. keturunan dari bupati Gresik dan ada pertalian Rapat dengan Batoro Kathong Di ponorogo.

sebelum nama ESHA(SH) perguruan ini di kenali dengan Nama SEDULUR TUNGGAL KECER dengan nama pencak silatnya JOYO GENDILO. perguruan ini bergerak dalam tahun 1903 di tambak Grinseng.

dalam awal awal tahun 1917 di kota madiun nama perguruan ini di kenali dengan nama JOYO GENDILO CIPTO MULYO. dan dengan ramai kehadiran pendekar pendekar dari berbagai jenis aliran persilatan. maka satu jenis permusyawaratan telah di adakan. dengan persetujuan dari semua yang hadir berdasarkan perlembagaan persilatan maka nama PERSAUDARAAN SETIA HATI (SH) telah di resmikan. dengan hal yg demikian kekallah nama ini hingga hari ini.

mengikut dalam senarai tercatat 36 aliran Persilatan yg menjadi pendukung SETIA HATI :

1. BETAWEN I
2. BETAWEN II
3. CIMANDE I
4. CIMANDE II
5. CIKALONG (slewah)
6. CIAMPEA I (besutan)
7. CIAMPEA II (krawilan)
8. TANAH BARU I
9. TANAH BARU II
10. PERMAINAN MONYETAN
11. CIMANDE III (kletan)
12. CIMANDE IV
13. CIMANDE V
14. CIBEDUYUT (toya)
15. PADANG PANJANG I
16. PADANG PANJANG II
17. CIPETIR
18. PADANG SIRANTI
19. SUMEDANGAN I
20. SUMEDANGAN II
21. LINTAU
22. CIMANDE VI
23. ALANG LAWAS I
24. ALANG LAWAS II
25. MINANGKABAU I (kucingan)
26. SOLOK MINANG
27. CIBEDUYUT
28. CIMANDE VII
29. TERLAKAN MONYETAN TUKANG
30. PADANG ALAI I
31. PADANG ALAI II
32. FORD DE KOCK
33. PADANG ALAI III
34. PADANG ALAI IV
35. KUDA BATAK
36. SIPAI MINANG III (blirik)

pendukong ESHA yg merantau Jauh Hingga ke TEMASEK beliau adalah Kang MUNADJI dari Kang Munadji inilah permainan ini dapat di petek dan di turunkan kepada pelopor di SINGAPURA.

6 komentar:

  1. Saya adalah seorang murid dalam Silat Esha. Kita harus menyedari bahawa Silat Esha bukan untuk berkelahi. Kita belajar berkelahi tetapi tidak berkelahi. Di dalam Silat Esha kita dilarang menumbuk ataupun menendang lawan kita kecuali di dalam latihan. Sesungguhnya Silat Esha mengajar kita kesabaran. Sesungguhnya kesabaran itu indah. Kesabaran bagi mereka yang menceburi Silat Esha.

    BalasHapus
  2. Says berminat untuk mendalami seni pertahanan kan diri silat...bagaimana saya boleh mendapat lebih maklumat do si singapura

    BalasHapus
  3. saya ingin sekali mndalami silat sh ini ...supaya bisa untuk menjaga diri ..apakah ada untuk latian di singapura ini ..untuk anak rantauan ...?

    BalasHapus
  4. boleh rw dimnatempt pelatihan SH disingapore..??
    thanks

    BalasHapus