Eyang Suro

Eyang Suro
Muhamad Masdan lahir pada 1869 di daerah Gresik (Jawa Timur). Kelak kemudian putra tertua Ki Ngabehi Soeromihardjo ini dikenal dengan dengan nama Ki Ageng Hadji Ngabehi Soerodiwirdjo (Eyang Suro).

Minggu, 09 Oktober 2011

Tunggal Kecer

~Kecer / kucur / peureuh artinya di tetesi / di kucuri dgn air menggunakan media daun sirih yg di celup ke air.
~Kecer umumnya memakai media daun sirih tetapi ada jg yg menggunakan lombok, belati tajam dan jeruk nipis.
~Tradisi Kecer berasal dr silat aliran cimande jawa barat dan tradisi ini tdk di temukan pd silat aliran minangkabau sumatra.
 ~dlm tradisi aslinya kecer adalah tradisi yg di lestarikan utk penerimaan murid/ siswa baru.
~Pada silat aliran betawi kecer ada yg menggunakan media lombok, belati tajam dan jeruk nipis yg di belah dua lalu di kecer / kucurkan ke mata. ~Tujuannya adalah utk melatih kepekaan mata.
~bahkan pd silat aliran cimande jawa barat ada yg kecer di lakukan setiap memulai aktifitas latihan silat. ~sampai di sini dpt di simpulkan bahwa kecer bukan murni milik aliran setia hati.
#Eyang suro mendirikan Sedulur Tunggal Kecer pd thn 1903 dan menggunakan kecer sbg pengikat tali persaudaraan, utk masuk dan belajar ilmu di paguron eyang suro syarat utamanya adalah kecer dulu dgn usia minimal 17 thn.
~jadi sangat mustahil belum di kecer kok sdh belajar / ngenger ilmu di paguron eyang suro.
"BAGAIMANA PROSESI KECER DI BERBAGAI ALIRAN SETIA HATI" ?

*Kecer di PSHT : syarat utama kecer di psht adalah usia minimal 17 thn dan mengikuti latihan menjadi siswa di PSHT. jd kecer di PSHT bisa di artikan penerimaan / pengesahan warga / saudara baru.

*Kecer di PSH : sebelum kecer di ajari jurus psc / pra sh. jd kecer di PSH bisa jg di artikan penerimaan/ pengesahan saudara baru.

*Kecer di PSHTMW : kecer di PSHTMW adalah syarat utama utk masuk dan menjadi saudara SH. setelah kecer baru boleh belajar ilmu SH. di sini kecer bisa juga di artikan sumpah bersama. di shtmw kecer yg sebenarnya ada diAA2

jika ada kurang dan lebihnya dlm catatan ini mari kita koreksi bersama utk kebaikan bersama. SALAM SETIA HATI

3 komentar:

  1. Kang mas,

    Mohon info, apakah ada data, dulu Eyang Suro belajar Cimande dari siapa dan dimana, belajar Cikalong dari siapa dan dimana, kemudian aliran-aliran lainnya secara jelas. Gurunya siapa dan dimana belajarnya. Karena saya cari-cari info hanya beberapa nama guru saja yang dari Padang dan aceh yang disebut, kemudian guru-guru aliran yang lain masih "gelap". Nuwun infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

      Hapus
  2. Sering saya dengar bahwa eyang itu berguru hampir di seluruh nusantara. jadi saking bnyak nya ilmu yg dipelajari, sampai2 tidak di ketahui nama2 guru beliau.. Benarkah??

    BalasHapus