Eyang Suro

Eyang Suro
Muhamad Masdan lahir pada 1869 di daerah Gresik (Jawa Timur). Kelak kemudian putra tertua Ki Ngabehi Soeromihardjo ini dikenal dengan dengan nama Ki Ageng Hadji Ngabehi Soerodiwirdjo (Eyang Suro).

Minggu, 09 Oktober 2011

Tunggal Kecer

~Kecer / kucur / peureuh artinya di tetesi / di kucuri dgn air menggunakan media daun sirih yg di celup ke air.
~Kecer umumnya memakai media daun sirih tetapi ada jg yg menggunakan lombok, belati tajam dan jeruk nipis.
~Tradisi Kecer berasal dr silat aliran cimande jawa barat dan tradisi ini tdk di temukan pd silat aliran minangkabau sumatra.
 ~dlm tradisi aslinya kecer adalah tradisi yg di lestarikan utk penerimaan murid/ siswa baru.
~Pada silat aliran betawi kecer ada yg menggunakan media lombok, belati tajam dan jeruk nipis yg di belah dua lalu di kecer / kucurkan ke mata. ~Tujuannya adalah utk melatih kepekaan mata.
~bahkan pd silat aliran cimande jawa barat ada yg kecer di lakukan setiap memulai aktifitas latihan silat. ~sampai di sini dpt di simpulkan bahwa kecer bukan murni milik aliran setia hati.
#Eyang suro mendirikan Sedulur Tunggal Kecer pd thn 1903 dan menggunakan kecer sbg pengikat tali persaudaraan, utk masuk dan belajar ilmu di paguron eyang suro syarat utamanya adalah kecer dulu dgn usia minimal 17 thn.
~jadi sangat mustahil belum di kecer kok sdh belajar / ngenger ilmu di paguron eyang suro.
"BAGAIMANA PROSESI KECER DI BERBAGAI ALIRAN SETIA HATI" ?

*Kecer di PSHT : syarat utama kecer di psht adalah usia minimal 17 thn dan mengikuti latihan menjadi siswa di PSHT. jd kecer di PSHT bisa di artikan penerimaan / pengesahan warga / saudara baru.

*Kecer di PSH : sebelum kecer di ajari jurus psc / pra sh. jd kecer di PSH bisa jg di artikan penerimaan/ pengesahan saudara baru.

*Kecer di PSHTMW : kecer di PSHTMW adalah syarat utama utk masuk dan menjadi saudara SH. setelah kecer baru boleh belajar ilmu SH. di sini kecer bisa juga di artikan sumpah bersama. di shtmw kecer yg sebenarnya ada diAA2

jika ada kurang dan lebihnya dlm catatan ini mari kita koreksi bersama utk kebaikan bersama. SALAM SETIA HATI

5 komentar:

  1. Kang mas,

    Mohon info, apakah ada data, dulu Eyang Suro belajar Cimande dari siapa dan dimana, belajar Cikalong dari siapa dan dimana, kemudian aliran-aliran lainnya secara jelas. Gurunya siapa dan dimana belajarnya. Karena saya cari-cari info hanya beberapa nama guru saja yang dari Padang dan aceh yang disebut, kemudian guru-guru aliran yang lain masih "gelap". Nuwun infonya

    BalasHapus
  2. Sering saya dengar bahwa eyang itu berguru hampir di seluruh nusantara. jadi saking bnyak nya ilmu yg dipelajari, sampai2 tidak di ketahui nama2 guru beliau.. Benarkah??

    BalasHapus
  3. Ternyata keceran yg sebenarnya sesuai ajaran kecer dan diteruskan eyang suro yaa dikecer dulu baru latihan.. bukan latihan dulu baru dikecer...nanti kalau siswa pindah perguruan jurus2 jd tersebar lah..

    BalasHapus
  4. Saya dr surabaya kalau ingin mendalami ilmu sh dmnya...tlg infonya..makasih

    BalasHapus